Ciri, Beda antara Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Kualitatif

S
ecara garis besar, jenis penelitian dibagi menjadi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Keduanya punya ciri dan beda tersendiri.

Penelitian kualitatif merupakan metode baru, sedangkan penelitian kuantitatif disebut metode tradisional karena sudah cukup lama digunakan sehingga sudah mentradisi.

Penelitian kuantitatif termasuk metode ilmiah karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu : empiris, objektif, terukur, rasional, dan sistematis. Sedangkan penelitian kualitatif kurang terpola.

Secara pribadi saya berpendapat bahwa penelitian kualitatif lebih sulit digunakan dibanding penelitian kuantitatif, namun ini juga asumsi yang bersifat relatif.

Penelitian kuantitatif adalah : jenis penelitian yang data penelitiannya berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik, serta hasil penelitian menekankan pada generalisasi. Maksud generalisasi yaitu hasil analisis data sampel diberlakukan untuk populasi yang ada. Karena dimaksudkan untuk generalsiasi, maka teknik pengambilan sample umumnya secara acak (random).

Sedangkan penelitian kualitatif adalah : jenis penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi objek yang alamiah, dan hasil penelitian lebih menekankan pada makna daripada generalisasi.

Dalam penelitian kuantitatif, peneliti menjaga jarak dengan objek yang diteliti sehingga bersifat independen. Sedangkan peneliti pada penelitian kualitatif merupakan human instrument dengan teknik pengumpulan data participant observation.