Mekanisme Transaksi Bursa Efek Jakarta (BEJ)


19.28 |

Mekanisme perdagangan efek di BEJ telah dilakukan dengan sistem yang terkomputerisasi. Fasilitas yang harus dimiliki oleh pengelola bursa (BEJ dan BES) adalah tempat transaksi, komputer, sistem informasi, jaringan telepon, berbagai peraturan tentang jual beli “modal” agar proses berjalan lancar dan menguntungkan semua pihak. Komputer-komputer terkumpul dalam satu ruang yang disebut lantai bursa atau floor.

Perusahaan efek membeli dan/atau menjual efek berdasarkan perintah jual dan/atau perintah beli dari investor (order) Mekanisme penyelesaian transaksi antara perintah beli dan perintah jual berdasarkan kriteria prioritas harga dan prioritas waktu.

Prioritas harga berarti siapa pun yang memasukkan order permintaan dengan harga beli yang paling tinggi akan mendapat prioritas utama untuk dapat bertemu dengan siapa pun yang memasukkan order penawaran dengan harga jual yang paling rendah.

Prioritas waktu berarti siapa pun yang memasukkan order beli atau order jual lebih dahulu akan mendapat prioritas pertama untuk dicocokkan oleh sistem. Pemasukan semua perintah jual atau perintah beli ke dalam sistem perdagangan yang terdapat di bursa efek dilakukan oleh wakil perantara pedagang efek.

Sistem lelang secara terbuka tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan selama jam perdagangan (sistem lelang berkesinambungan).

Secara lebih rinci,  langkah-langkah dalam transaksi perdagangan di bursa efek adalah sebagai berikut :
1. Anda sebagai klien membuka opening account di perusahaan investasi yang dipercaya untuk mengelola dana.
2. Perusahaan investasi mencatat nama anda dalam file customer perusahaan dan menyimpannya sebagai data perusahaan.
3. Jika anda ingin melakukan transaksi (beli atau jual), anda tinggal menghubungi broker anda dan beritahukan saham yang anda inginkan, jumlah beserta harganya.
4. Broker anda, yang selanjutnya akan bertindak sebagai sales person akan meneruskan order yang anda lakukan (baik beli maupun jual) pada dealer di perusahaan investasi tersebut.
5. Dealer akan menghubungi floor broker atau petugas di bursa untuk memasukkan order yang diinginkan.
6. Saat order (misalnya order beli) yang anda berikan cocok dengan order jual yang ada, maka transaksi telah berhasil (done).
7. Floor broker akan mengonfirmasikan transaksi yang telah terjadi kepada dealer perusahaan investasi yang selanjutnya akan meneruskannya kepada
broker. Selanjutnya broker akan memberitahukan informasi tersebut kepada anda.
8. Perusahaan investasi anda akan mengirimkan konfirmasi kepada anda yang berisikan detail dari transaksi yang telah terjadi beserta komisi yang harus anda berikan atas jasa broker.
9. Uang yang harus anda berikan apabila melakukan transaksi beli biasanya empat hari setelah transaksi (T + 4) dan uang yang akan anda terima jika melakukan transaksi jual adalah dalam kurun waktu T + 6 atau enam hari setelah transaksi

artikel terkait :


older link