akuntansi sebagai sistem informasi (tujuan akuntansi)


18.21 |

Ada yang tahu kenapa akuntansi menjadi penting? Akuntansi penting karena menyajikan informasi keuangan. Proses akhir dari akuntansi berupa laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut kemudian diinterprestasi/ diterjemahkan sebagai sebuah informasi’ Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi digunakan sebagai sebagai alat bantu bagi para pengambil keputusan ekonomi dan keuangan untuk membuat kebijakan/ keputusan. Itulah mengapa, sebagian besar informasi yang diperlukan oleh para manajer adalah informasi akuntansi.

Kegunaan informasi akuntansi :
1. Membuat perencanaan yang efektif, mengadakan pengawasan, serta pengambilan
keputusan ekonomi yang tepat oleh manajemen;
2. Pertanggungjawaban kepada para investor, kreditor, pemerintah, dan sebagainya.

Jika dilihat dari sisi pengguna jasa akuntansi, maka akuntansi dapat diartikan sebagai penyedia informasi. Akuntansi pun sering juga disebut sebagai bahasa bisnis (business language), atau lebih tepatnya sebagai bahasa pengambilan keputusan. Artinya, Semakin seseorang menguasai bahasa ini (akuntansi), maka akan semakin baik pula orang tersebut menangani berbagai aspek keuangan

Adapun pengertian akuntansi, ditinjau dari sudut pandang pengguna jasa akuntansi adalah : suatu aktivitas jasa yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan/ transaksi yang bersifat keuangan (financial ).


artikel terkait :


older link