Inspirasi : Dino Zoff - Kiper Legendaris Italia

Advertisement
Bagi penggemar sepakbola, tentu mengenal sosok kiper legendaris yang satu ini. Ia merupakan pemegang rekor clean sheet alias tidak pernah kebobolan selama 1142 menit di turnamen internasional, antara tahun 1972 dan 1974 ketika ia mengawal mistar gawang timnas Italia. Dialah Dino Zoff, kiper
legendaris Italia sekaligus kapten timnas Italia saat itu ketika meraih trofi piala dunia 1982 di spanyol. Ia merupakan salah satu kiper terbaik dalam sejarah sepak bola.


Zoff lahir 28 Februari 1942 di friuli, Italia. Tinggi badannya hanya 182 cm (tergolong rendah untuk ukuran seorang kiper yang rata-rata 187 cm, bahkan kebanyakan kiper tingginya diatas 190 cm). Di Klub, selama 11 tahun bersama Juventus, Zoff membawa gelar juara Serie A 6 kali, Coppa Italia 2 kali dan UEFA Cup 1 kali.

Banyak gelar dan rekor yang ia raih, diantaranya sebagai pemain tertua yang menjuarai Piala Dunia FIFA ketika berumur 40 tahun. Ia juga mengikuti jejak Gianpiero Combi (1934) sebagai satu-satunya kiper dan kapten yang menjadi Juara Piala Dunia FIFA.

Kemampuan Zoff dalam menjaga mistar gawang terutama pada penempatan (posisi) dan refleks. Kelemahannya dalam hal tinggi badan, dapat ditutupi dengan pengalaman dan ketepatan membaca arah bola.




Anda sedang membaca artikel tentang Inspirasi : Dino Zoff - Kiper Legendaris Italia dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Inspirasi : Dino Zoff - Kiper Legendaris Italia, mohon untuk meletakkan link Inspirasi : Dino Zoff - Kiper Legendaris Italia sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -

0 Response to "Inspirasi : Dino Zoff - Kiper Legendaris Italia"

Post a Comment