Hipotesis Deskriptif dan Hipotesis Statistik

Advertisement
Dalam suatu penelitian bisa saja terdapat hipotesis deskriptif tetapi tidak ada hipotesis statistik. Penelitian yang tidak menggunakan sampel, tidak memerlukan hipotesis statistik.

Hipotesis deskriptif adalah jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian dan dinyatakan dalam bentuk kata. Sedangkan hipotesis statistik adalah dugaan apakah data sampel dapat diberlakukan ke populasi ataukah tidak, dan dinyatakan dalam rumus.
Hipotesis statistik inilah yang akan digunakan dalam perhitungan untuk uji hipotesis.

Jadi, hipotesis statistik merupakan penyederhanaan dari bentuk kata ke bentuk matematika.

Baik hipotesis deskriptif maupun statistik, dibedakan menjadi hipotesis kerja (Ha) dan hipotesis nol (Ho). Inti dari perbedaan antara Ha dan Ho yaitu : Hipotesis kerja dinyatakan dalam kalimat positif sedangkan hipotesis nol dinyatakan dalam kalimat negatif. Misalnya saja :
Ha = terdapat hubungan ….
Ho = tidak terdapat hubungan …

Yang diuji dalam hipotesis statistik adalah hipotesis nol karena dalam penelitian, yang diharapkan terjadi adalah Ha, bukan Ho.


Anda sedang membaca artikel tentang Hipotesis Deskriptif dan Hipotesis Statistik dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Hipotesis Deskriptif dan Hipotesis Statistik, mohon untuk meletakkan link Hipotesis Deskriptif dan Hipotesis Statistik sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -

0 Response to "Hipotesis Deskriptif dan Hipotesis Statistik"

Post a Comment