Biaya peluang (Opportunity Cost)

Advertisement
Ada begitu banyak kebutuhan yang diinginkan manusia padahal manusia merupakan makhluk yang serba terbatas. Tidak semua kebutuhan yang diinginkan manusia tersebut dapat dipenuhi, karena itu, manusia selalu melakukan tindakan pemilihan atas apa saja alat pemuas kebutuhan yang harus dipenuhi. Keputusan dalam menentukan pilihan, bukanlah pekerjaan yang mudah karena harus berpijak pada berbagai pertimbangan. Inilah yang kemudian menimbulkan masalah pemilihan dalam ekonomi.

Ketika manusia menentukan suatu pilihan diantara beberapa pilihan yang ada maka selalu ada alternatif pilhan yang dikorbankan. Pilihan yang dikorbankan/ yang tidak dipilih, dalam ekonomi kita kenal sebagai biaya peluang (Opportunity Cost), yaitu biaya yang timbul (kesempatan yang hilang) akibat memilih sebuah peluang terbaik dari beberapa alternatif ekonomi yang tersedia.

Setiap orang harus selalu berusaha untuk mendapatkan manfaat tertinggi dari setiap alternatif pilihan dan mengambil biaya peluang yang terendah.
Anda sedang membaca artikel tentang Biaya peluang (Opportunity Cost) dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Biaya peluang (Opportunity Cost), mohon untuk meletakkan link Biaya peluang (Opportunity Cost) sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -