Pengertian Model Pembelajaran

Advertisement
Seringkali kita kesulitan memahami mana yang sebenarnya termasuk model pembelajaran, dan mana yang termasuk strategi pembelajaran, metode pembelajaran, ataupun pendekatan pembelajaran.

Misalnya saja tentang istilah model pembelajaran kooperatif. Ada yang menyebutnya model pembelajaran, ada juga yang mengatakan kalau itu metode pembelajaran. Padahal, kedua istilah itu mempunyai pengertian tersendiri yang berbeda satu sama lain.

Lalu apa sebenarnya pengertian model pembelajaran ?
Untuk dapat memahami pengertian model pembelajaran secara lebih jelas, berikut ini penjelasannya :

Pengertian pendekatan pembelajaran
yaitu titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum.Terdapat dua jenis pendekatanpembelajaran, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).

Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran.

Dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Strategi pembelajaran pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran digunakanlah metode pembelajaran. Jadi, strategi pembelajaran adalah rencananya sedangkan metode pembelajaran adalah caranya.

Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan menjadi strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif. Sedangkan metode pembelajaran dibedakan diantaranya menjadi : ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, laboratorium, dll..

Ketika guru melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, pada dasarnya guru tersebut sedang mempraktekkan model pembelajaran. Dalam proses kegiatan pembelajaran seorang guru sebelumnya pasti akan mempersiapkan lebih dahulu apa yang akan disampaikan pada siswa dengan menyusun persiapan mengajar (rencana pembelajaran). Rencana pembelajaran memuat topik yang dibahas, tujuan pembelajaran, alat-alat yang perlu digunakan, langkah-langkah pembelajaran atau skenario pembelajaran, dan penilaian yang akan dilakukan.

Ketika pendekatan, strategi, metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah model pembelajaran. Jadi, cakupan model pembelajaran lebih luas daripada pendekatan, strategi, metode, teknik, ataupun taktik pembelajaran.

Untuk lebih jelas mengenai  posisi hierarkis dari masing-masing istilah diatas, lihat gambar disamping (tekan ctrl  dan  =  untuk memperbesar gambar) :

Pengertian model pembelajaran
Yaitu kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pengajaran dan para guru dalam merencanakan dan melaksanakan aktifitas pembelajaran ( Udin Winataputra, 1994,34).

Banyak model pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh guru dalam proses pembelajaran. Prinsipnya adalah, pengembangan model pembelajaran bertujuan untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif dan efisien, menyenangkan, bermakna, lebih banyak mengaktifkan siswa. Masing-masing model pembelajaran tentunya berbeda sesuai dengan karakteristiknya masing-masing.

Mengingat banyaknya jenis model pembelajaran, Bruce Joyce et.al (2000) mengelompokkan menjadi empat rumpun yaitu: model pemrosesan informasi (processing information model), model pribadi (personal model), model interaksi sosial (social model), dan model perilaku (behavior model).
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Model Pembelajaran dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Pengertian Model Pembelajaran, mohon untuk meletakkan link Pengertian Model Pembelajaran sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -