Tips Menempuh Perjalanan yang Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor

Advertisement
Bagi anda yang akan menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor, ada beberapa tips yang penting untuk dipersiapkan.

 1) Cek ban, rantai, lampu, rem, dan oli motor.
Atur kekencangan ban, ban yang tidak kencang akan membuat beban sepeda motor bertambah sehingga terasa lebih lamban, bensin juga lebih boros. Rantai juga berpengaruh, jangan terlalu kencang atau terlalu kendur, atur supaya mengendarai sepeda motor jadi enak. Selain itu, lampu depan, lampu belakang, dan lampu sen motor juga harus dalam keadaaan baik, apalagi kalau di malam hari. Kemudian, oli motor harus diganti secara berkala. Mesin sepeda motor yang tidak terlumasi dengan baik oleh oli, akan membuat kinerja mesin menjadi kasar dan umur ekonomis mesin pun akan berkurang.

2) Sediakan Jas hujan.
Selalu sediakan jas hujan! Jangan sampai pakaian dan  bawaan anda basah karena hujan. Simpan saja jas hujan tsb di kotak (di bawah jok motor). Anda dapat menggunakan berbagai desain jas hujan yang anda sukai. Jangan sampai perjalanan anda terganggu karena hujan. Jika belum punya jas hujan, pakai saja jaket yang dilapisi bahan plastik (anti hujan)

3) Untuk perjalanan jauh, sediakan makanan !
Terkadang di perjalanan, sulit untuk menemukan tempat makanan yang enak dan cocok dengan “kantong”, padahal perut sudah keroncongan setengah mati. Lebih baik sediakan dari rumah, atau beli di warung makanan favorit anda ketika hendak bepergian. Jadi anda bisa lebih bebas dan perjalanan anda semakin nyaman.

4) Jaga keselamatan anda dengan memakai helm standard dan jaket untuk melindungi badan. Banyak kecelakaan sepeda motor yang berujung kematian diakibatkan si pengendara tidak memakai helm (helm standar). Helm standar juga bisa supaya tidak kena tilang, sedangkan jaket digunakan untuk melindungi dari terik matahari..

5) Bawa kartu tanda pengenal, SIM, STNKB.
Ini supaya anda dan sepeda motor anda selamat dari razia.

6) Ini dia yang tidak boleh dilupakan ; bawa uang yang cukup.
Ya iyalah, kan gawat kalau kehabisan uang di tengah perjalanan. Seandainya bensinnya habis atau tiba-tiba bannya pecah, mau pakai uang siapa coba??

Kalau anda terapkan ke-enam tips diatas, saya jamin perjalanan anda akan menjadi enak, aman, dan nyaman..

Yang mau menambahkan, silahkan berkomentar!
Anda sedang membaca artikel tentang Tips Menempuh Perjalanan yang Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Tips Menempuh Perjalanan yang Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor, mohon untuk meletakkan link Tips Menempuh Perjalanan yang Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -

0 Response to "Tips Menempuh Perjalanan yang Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor"

Post a Comment