Mengenai Teknik Umpan pendek, Umpan satu-dua, dan Umpan terobosan dalam Sepakbola

Advertisement
Umpan pendek
Umpan jenis ini paling dominan dipakai. Ini jenis umpan bola bawah yang sering efektif untuk membangun penyerangan. Timnas yang terkenal dengan teknik ini adalah brazil. Sementara untuk klub, ada Barcelona, dan Arsenal. Biasanya, tim yang efektif dalam penggunaan umpan pendek, akan dominan dalam penguasaan bola.
Umpan jenis ini harus dilakukan dengan lugas, cepat, dan akurat. Para pemain harus bergerak secara dinamis untuk mencari ruang dan melepaskan diri dari bayangan lawan, agar bisa terus melakukan umpan dari satu pemain ke pemain yang lainnya. Selain itu, harus jeli melihat pergerakan rekan setim.

Umpan satu-dua
Disebut juga one-two pass atau wall pass. Ini adalah kombinasi umpan pendek yang biasanya mengejutkan dan tidak terantisipasi oleh lawan. Umpan-umpan satu dua biasa dilakukan di daerah pertahanan lawan, dan seringkali mampu menembus barikade pertahanan lawan yang sangat kuat sekalipun.

Umpan Terobosan
Disebut juga through pass. Umpan ini biasanya hanya dipakai di daerah pertahanan lawan, karena tekniknya adalah menempatkan bola kedepan di daerah kosong pertahanan lawan.

Pemain yang sering diberikan jenis umpan ini antara lain : Filippo Inzaghi, Fernando Torres, dan Boaz Salossa. Sedangkan pemain yang pandai memberikan umpan terobosan antara lain : Steven Gerard, dan Xavi Hernandez.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menggunakan umpan terobosan :
1) Mampu melihat celah di daeah kosong pertahanan lawan.
2) Hati-hati dengan perangkap off-side.
3) Pemain yang diberi umpan harus punya speed/ kecepatan yang mumpuni untuk
mengejar bola (biasanya striker).

Umpan jenis ini sering gagal dan bisa diantisipasi oleh bek yang punya kemampuan yang baik dalam memotong bola dan menerapkan perangkap offside. Namun jika berhasil, umpan terobosan seringkali merupakan assist bagi terciptanya sebuah gol. Dari segi arahnya, umpan terobosan banyak macamnya: dari tengah langsung lurus ke depan, dari tengah ke samping depan, dan dari samping ke tengah depan. Umpan terobosan bisa dibedakan pula antara umpan terobosan bawah dan umpan terobosan lambung.
Anda sedang membaca artikel tentang Mengenai Teknik Umpan pendek, Umpan satu-dua, dan Umpan terobosan dalam Sepakbola dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Mengenai Teknik Umpan pendek, Umpan satu-dua, dan Umpan terobosan dalam Sepakbola, mohon untuk meletakkan link Mengenai Teknik Umpan pendek, Umpan satu-dua, dan Umpan terobosan dalam Sepakbola sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -

0 Response to "Mengenai Teknik Umpan pendek, Umpan satu-dua, dan Umpan terobosan dalam Sepakbola"

Post a Comment