Akuntansi diperlukan untuk mencatat transaksi keuangan (pengertian akuntansi)

Advertisement
Siswa kelas XI SMA/ MA, tentu baru di semester 2 ini mengenal pelajaran akuntansi. Pertanyaan pertama kali yang mungkin muncul ; akuntansi itu pelajaran yang membahas apa? Sulitkah memahami nya?

Ilmu akuntansi merupakan bagian dari ilmu ekonomi, artinya sama-sama bertujuan untuk memperoleh kesejahteraan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Akuntansi sering digunakan dalam perusahaan, badan, ataupun organisasi.

Kata akuntansi berasal dari bahasa Inggris yaitu to account, artinya memperhitungkan atau mempertanggungjawabkan. Ada banyak kegiatan yang menyangkut persoalan keuangan. Supaya kondisi keuangan tersebut dapat diamati, dikendalikan dengan baik, perlu ada suatu sistem pencatatan. Nah, sistem pencatatan atas kondisi keuangan tsb kita kenal dengan istilah akuntansi.

Pengertian Akuntansi adalah : proses pencatatan, penggolongan, dan peringkasan yang tepat dari informasi ekonomi, yang dinyatakan dalam bentuk transaksi-transaksi keuangan, kemudian hasilnya ditafsirkan/ diinterprestasi, sebagai dasar pertimbangan dan pengambilan keputusan para pemakainya (intern dan ekstern).

Selain dikatakan sebagai proses, akuntansi juga disebut sebagai salah satu seni. Karena Akuntansi diolah dengan cara yang dirancang khusus sehingga terpola dan mempunyai nilai keindahan. Proses Akuntansi menghasilkan informasi dalam bentuk laporan keuangan, yang menjelaskan kondisi keuangan perusahaan kepada pihak-pihak yang membutuhkan laporan tersebut untuk segala jenis kegiatan dan juga untuk menentukan keputusan. Akuntansi dirancang supaya hasilnya dapat dinikmati oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Tujuan utama akuntansi adalah menghasilkan informasi. Sehingga, akuntansi menjadi sebuah alat informasi dan komunikasi.

Misalnya saja : pada sebuah toko buku. Hari ini ada seorang pengunjung yang datang ke toko tsb dan membeli sebuah buku. Kemudian atas pembelian buku tadi, toko buku tersebut mencatatnya berdasarkan bukti transaksi berupa nota. Nah, setiap transaksi yang ada pada bulan itu dicatat untuk kemudian dibuat laporan keuangannya.
Anda sedang membaca artikel tentang Akuntansi diperlukan untuk mencatat transaksi keuangan (pengertian akuntansi) dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Akuntansi diperlukan untuk mencatat transaksi keuangan (pengertian akuntansi), mohon untuk meletakkan link Akuntansi diperlukan untuk mencatat transaksi keuangan (pengertian akuntansi) sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -