Kaitan antara neraca perdagangan internasional dengan neraca pembayaran internasional

Advertisement
Perdagangan internasional melibatkan berbagai transaksi ekonomi antara suatu negara dengan negara lain. Transaksi ekonomi tsb kemudian dicatat dalam bentuk neraca. Neraca perdagangan internasional merupakan salah satu komponen penting dalam neraca pembayaran internasional.

Yang dimaksud dengan neraca perdagangan internasional (balance of trade) adalah : suatu catatan berkala (biasanya dibuat tiap satu tahun) yang berisi transaksi ekspor dan impor barang antarnegara. Mata uang yang dipakai pada neraca ini adalah dolar AS.

Disebut sebagai neraca perdagangan internasional karena pada neraca perdagangan internasional ada dua sisi yaitu sisi ekspor dan impor yang kemudian dilihat sisi mana yang lebih besar, apakah ekspornya atau impornya? Kalau nilai ekspor lebih tinggi berarti dikatakan neraca perdagangannya aktif atau mengalami surplus. Sebaliknya jika nilai impor lebih tinggi daripada ekspor maka disebut neraca perdagangan internasional yang pasif (mengalami defisit).

Ruang lingkup neraca pembayaran internasional lebih besar dibandingkan neraca perdagangan internasional. Neraca pembayaran internasional (balance of payment /BOP) adalah suatu catatan dalam periode tertentu (biasanya 1 tahun)  tentang seluruh transaksi ekonomi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Transaksi ekonomi yang dimaksud diantaranya : perdagangan barang, jasa, dan modal.
Anda sedang membaca artikel tentang Kaitan antara neraca perdagangan internasional dengan neraca pembayaran internasional dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Kaitan antara neraca perdagangan internasional dengan neraca pembayaran internasional, mohon untuk meletakkan link Kaitan antara neraca perdagangan internasional dengan neraca pembayaran internasional sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -