Fungsi Manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan)

Advertisement
Perusahaan dikelola untuk mencapai tujuan-tujuan (misalnya laba).  Untuk mencapai tujuan tersebut secara efisisen dan efektif, maka diperlukan pengaturan proses perusahaan secara keseluruhan. Proses pengaturan tersebut dikenal sebagai fungsi manajemen.

Adapun pengertian fungsi manajemen adalah serangkaian kegiatan yang dijalankan di dalam manajemen berdasarkan fungsinya masing-masing dan mengikuti satu tahapan tertentu dalam pelaksanaannya.

Fungsi Manajemen

Macam-macam fungsi manajemen umumnya terdiri atas :

1. Perencanaan (planning)
Perencanaan merupakan langkah awal untuk mencapai tujuan perusahaan. perencanaan adalah penentuan terlebih dahulu apa yang akan dikerjakan. Hal-hal yang harus direncanakan misalnya : menetapkan tujuan dan target badan usaha, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target tersebut, menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan, serta menetapkan strandar keberhasilan.

2. Pengorganisasian (Organizing)
Untuk mencapai tujuan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, langkah selanjutnya adalah membuat pembagian kerja sehingga menjadi sebuah struktur organisasi. Pengorganisasian adalah pembagian tugas yang akan dikerjakan, dan pengembangan struktur organisasi atau struktur perusahaan yang sesuai.

3. Penggerakan (actuating)
Adalah tindakan yang mengusahakan agar seseorang atau semua kelompok mau bekerja dengan senang hati untuk melakukan tugas pekerjaannya, sesuai dengan tugas dan wewenang, untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Hal yang diperlukan untuk melaksanakan fungsi penggerakan adalah kepemimpinan. Seorang pemimpin harus mampu memotivasi dan membimbing karyawannya.

4. Pengendalian atau Pengawasan (Controlling)
Controlling adalah tindakan menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan, dengan cara menemukan dan mengoreksi adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana kerja yang telah ditetapkan. Pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi kegagalan, mengoreksi, dan memberikan solusi.
Anda sedang membaca artikel tentang Fungsi Manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan) dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Fungsi Manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan), mohon untuk meletakkan link Fungsi Manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan) sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -