Pengertian Manajemen

Advertisement
Suatu badan usaha ataupun perusahaan terdiri dari berbagai faktor sumber daya, manusia, modal, dsb. Untuk mengatur kesemua faktor tersebut sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai, dibutuhkan suatu pengelolaan yang disebut dengan manajemen.

Apa pengertian manajemen ?


Istilah manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu to manage yang artinya mengendalikan, mengatur, menjalankan, memimpin, dan membina.

Istilah manajemen mengandung tiga pengertian :

1. manajemen sebagai proses.
Encyclopedia Of The Social Science menyebutkan bahwa manajemen adalah proses dan dengan proses itu pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi. Dari pengertian manajemen sebagai proses, dapat di simpulkan bahwa : manajemen mempunyai tujuan yang ingin dicapai, tujuan dicapai melalui kegiatan orang lain, dan kegiatan-kegitan tersebut harus dibimbing dan diawasi.

2. manajemen sebagai kolektivitas dari orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Orang yang melakukan aktivitas manajemen yaitu manajer, mereka melakukan serangkaian aktivitas berupa fungsi-fungsi manajemen.

3. manajemen sebagai suatu seni dan ilmu.
Manajemen disebut sebagai ilmu karena merupakan sekumpulan pengetahuan yang sistematis dan telah diterima sebagai kebenaran-kebenaran yang universal. Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai seni karena dapat menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

Seberapa pentingkah manajemen bagi perusahaan ?

Manajemen merupakan kunci utama pencapaian tujuan perusahaan. Sebanyak apapun sumber daya yang dimiliki perusahaan, tidak akan memberikan hasil yang maksimal tanpa adanya manajemen. Melalui manajemen yang baik, segala sumber daya dapat dikelola secara efektif dan efisien untuk meraih tujuan.
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Manajemen dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Pengertian Manajemen, mohon untuk meletakkan link Pengertian Manajemen sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -