Benua dan Samudra di Dunia

Advertisement
Kami akan lanjutkan pembahasan materi IPS Terpadu, kali ini tentang Benua dan Samudra di Dunia. Materi tentang Benua dan Samudra memang merupakan salah satu materi yang dipelajari di kelas IX tingkat SMP, kurikulum KTSP.

Pengertian Benua dan Samudra

Bumi tempat kita tinggal ini terdiri atas daratan dan lautan yang sangat luas. Benua adalah Daratan yang sangat luas. Adapun pengertian samudra secara sederhana yaitu lautan yang sangat luas. Samudra menempati sekitar 75% dari seluruh muka bumi.

Samudra yang ada di bumi ini ada lima, yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Arktik, Samudra Hindia, dan Samudra kutub Selatan (Antartika). Sedangkan jumlah benua saat ini ada 6. Keenam nama-nama benua tersebut dari yang terbesar adalah Benua Asia, Amerika, Afrika, Antartika, Eropa, dan Australia. Dari ke-enam benua tersebut, yang di tempati oleh manusia hanya 5 benua karena benua antartika suhunya sangat dingin. Tapi ada juga yang membagi benua Amerika menjadi 3 benua yaitu : benua Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Amerika Utara, jadi total ada 8 benua. 

Proses Terbentuknya Benua (Teori Pembentukan Benua)

Bagaimana teori-teori para ahli mengenai asal-usul pembentukan benua? Berbeda dengan para ahli geografi yang memandang benua sebagai daratan yang sangat luas dan biasanya dipisahkan oleh daerah perairan, ahli geologi akan mengatakan bahwa benua nampak seperti papan yang mengapung dari batuan granit dengan ketebalan sekitar 40 km.

Ada berbagai teori tentang pembentukan benua. Diantaranya adalah teori apungan benua atau teori lempeng tektonik yang dilontarkan Alfred Lothar Wegener pada tahun 1912. Wegener merupakan seorang meteorolog asal Jerman. Inti Teori apung benua mengemukakan bahwa benua-benua itu dahulu merupakan satu benua induk besar yang disebut Pangea. Pangea kemudian terpecah sejak 200 juta tahun yang lalu. Benua-benua tersebut bergerak dan berpindah secara perlahan-lahan selama jutaan tahun.

Banyak para ahli yang meyakini kebenaran teori apung benua/ teori lempengan tektonik tsb. Hal tsb didukung dengan bukti pergerakan lempeng tektonik yaitu ditemukannya kesamaan fosil, flora, dan fauna di benua atau tempat yang berbeda. Selain itu, pergerakan benua saat ini diyakini masih terus berlangsung, namun berjalan sangat lambat.
Baca : Unsur Geografis dan Penduduk di Kawasan Asia Tenggara
           Interpretasi Peta tentang Pola dan Bentuk Muka Bumi


Karakterisitk Bentang Alam dan Penduduk di Benua-Benua

Benua Asia

gambar benua asia bhs inggris1
Gambar Peta Benua Asia
Beberapa karakteristik benua Asia antara lain : Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi, yaitu sekitar 43.998.920 km2. Negara yang paling luas di Asia adalah Cina (9.596.961 km2) dan yang terkecil adalah Singapura (683 km2). Asia juga merupakan benua dengan penduduk terpadat. Lebih dari 60% populasi dunia berada di Asia. Negara dengan populasi tertinggi adalah Cina.

Di bagian tengah Asia terdapat deretan pegunungan tertinggi di dunia ( 4.000 m), meliputi Pegunungan Himalaya, Karakoram, dan Kun Lun, yang melingkupi dataran tinggi Tibet. Oleh karena
itu, Tibet dijuluki “ atap dunia”. Di Pegunungan Himalaya yaitu di perbatasan Nepal dan Tibet dapat
dijumpai Mount Everest ( 8.848 m), merupakan titik tertinggi di Asia sekaligus di muka bumi

Asia memiliki banyak ragam etnis dan sebagian besar tergolong ras Mongoloid (Cina, Jepang,
Mongol, Tibet, dan lain-lain). Etnis terbanyak adalah Cina dan Jepang. Etnis lain adalah Melayu (Asia Tenggara), Dravida (Asia Selatan), dan kulit putih (Asia Barat).

Benua Afrika

gambar benua afrika 2
gambar benua Afrika

Beberapa karakteristik benua Afrika : Sebagian besar wilayah Afrika berupa daratan. Oleh karena itu, garis pantainya sangatpendek. Titik tertinggi di Benua Afrika terdapat di Tanzania, yaitu Gunung Kilimanjaro ( 5.895 m). Afrika memiliki dataran kering yang terkenal, yaitu Gurun Sahara, Kalahari, dan Namib. Sungai-sungai penting di Afrika, antara lain Sungai Nil, Congo, Niger, Zambesi, Orange dan Sungai Volta. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia ( 6.640 km).

Penduduk benua Afrika termasuk ras Negroid. Namun, di benua ini juga tinggal bangsa-bangsa lain, seperti Arab, India, Melayu, serta Eropa. Secara keseluruhan negara-negara di benua Afrika tergolong masih miskin.

Benua Amerika

Beberapa karakteristik Amerika : Benua ini awalnya dijuluki “Dunia Baru”. Benua ini dikenal setelah kedatangan Columbus tahun 1492. Pegunungan yang utama adalah Rocky Mountains (di wilayah Amerika Utara) dan Cordelleras De Los Andes (di wilayah Amerika Selatan).

Berdasarkan perekonomiannya, negara-negara di Amerika Utara tergolong negara maju. Kegiatan industri dan perdagangan menjadi penopang penting. Meskipun dalam kegiatan agraris pun (pertanian, peternakan, dan perikanan), mereka menggunakan konsep dan peralatan modern. Selain itu, kegiatan pertambangan dan pengolahannya juga berperan penting. Sebaliknya, beberapa negara di Amerika Selatan masih tergolong sebagai negara berkembang.

Benua Eropa

Beberapa karakteristik benua Eropa : Pada peta, benua Eropa tidak terlihat seperti sebuah benua karena menyatu dengan benua Asia. Sebagian menyebut benua Eropa dan Asia tsb sebagai Eurasia, karena berada dalam satu daratan. Namun, karena karakterisktik dan peranannya yang sangat menonjol, maka Eropa dinyatakan sebagai benua tersendiri.

Titik tertinggi di Eropa adalah Gunung Elbrus di Rusia ( 5.642 m). Titik terendahnya terdapat di
Laut Kaspia. Wilayah dengan penduduk terpadat di Eropa adalah Eropa Timur. Masyarakat Eropa adalah bangsa kulit putih yang dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok. Kelompok tersebut adalah orang Nordik (Norwegia, Swedia, Jerman), orang Alpen (Perancis dan Swiss), orang Dinara (Rumania), dan orang Mediterania (Italia, P ortugal, dan Spanyol), orang Slavia (Rusia, Polandia, dan Bulgaria).

Negara-negara yang memiliki hasil pertanian dominan, misalnya Inggris, dan Belanda. Hasil-hasil peternakan terutama diberikan oleh Denmark, Spanyol, dan Belanda. Negara industri yang terkenal misalnya Jerman, Inggris, dan Rusia. Hasil industrinya berupa otomotif, mesin-mesin berat, elektronika, dan sebagainya.

Benua Australia

Beberapa karakteristik benua : Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia. Benua Australia ditemukan tahun 1770 oleh James Cook, seorang pelaut Inggris. Penduduk asli Australia adalah bangsa aborigin. Namun, bangsa aborigin makin terdesak oleh pendatang dari Eropa dan daerah lain. 

Perekonomian Australia didukung oleh kegiatan pertanian, peternakan, industri, dan pertambangan. Hasil pertanian utama benua ini adalah gandum, kapas, oat, sorghum, buah-buahan, dan lain-lain. Peternakan yang penting teruta ma adalah domba, biri-biri, dan hew an ternak besar.

Benua Antartika

Beberapa karakteristik benua kutub selatan (Antartika) : Benua Antartika merupakan wilayah paling dingin di muka bumi. Suhu di Antartika bisa mencapai -88,3 derajat Celcius. Berbeda dengan penduduk di kutub utara (Arktik) yang didiami beberapa suku penduduk (salah satunya suku Eskimo), wilayah antartika (kutub Selatan) tidak memiliki penduduk tetap.

Posisi Benua dan Samudra



Nama Benua
Posisi Geografis
Batas Benua
Utara
Timur
Selatan
Barat
Asia
1°LU–75°LU dan
25°BT–170°BB
Samudra Arktik
Samudra
Pasifik dan
Papua
Nugini
Samudra
Hindia
Laut Merah,
Terusan Suez,
dan Pegunungan Ural.
Afrika
38°LU–35°LS dan
18°BB–51°BT.
Selat
Gibraltar dan
Laut Tengah.
Samudra
Hindia
Samudra
Hindia
Samudra
Atlantik
ERopa
36°LU–71°LU dan
10°BB–71°BT.
Samudra
Arktik
Benua Asia
Laut Tengah
Samudra Atlantik

Amerika Utara
70°LU–9°LS dan
76°BB–168°BB.
Samudra
Arktik
Samudra
Atlantik
Benua
Amerika
Selatan dan
Samudra
Pasifik
Samudra Pasifik
Amerika
Selatan
120°LU–56°LS dan
34°BB–81°BB.
Benua
Amerika
Utara dan
Samudra
Atlantik
Samudra
Atlantik
Benua Antartika
Samudra
PAsifik
Australia
10°LS–39°LS dan
113 BT–153°BT.
Laut Timor
dan Samudra
Hindia
Laut Koral,
Laut
Tasman
Samudra
Hindia
Samudra
Hindia
Antartika
60°LS–90°LS,
0°–180°BT, dan
0°–180°BB.
Samudra
Atlantik
Samudra
HIndia
Samudra
Hindia dan
Pasifik
Samudra
Pasifik

Contoh Negara-negara di masing-masing Benua

Supaya mendapatkan gambaran yang lebih rinci tentang negara-negara yang ada di berbagai benua, berikut ini contoh negara-negara di 7 benua tsb :

Negara-negara di Benua Asia, 
1) Asia Timur meliputi Republik Rakyat Cina, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, dan Taiwan.
2) Asia Tenggara meliputi Indonesia, Myanmar, Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam, Laos, Kampuchea, Brunei Darussalam, Singapura, dan Timor Leste.
3) Asia Selatan meliputi India, Pakistan, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, Bhutan, dan Maladewa.
4) Asia Barat meliputi Arab Saudi, Iran, Turki, Afganistan, Irak, Oman, Yordania, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar, Siprus, Lebanon, Bahrain, dan Israel.
5) Asia Tengah meliputi Kazakhstan, Turkimenistan, Uzbekistan, Kirgistan, Tajikistan, dan Mongolia.

Negara-negara di Benua Eropa, sebagai berikut.
1) Eropa Utara meliputi Islandia, Denmark, dan Norwegia.
2) Eropa Barat meliputi Irlandia, Belgia, Prancis, dan Inggris.
3) Eropa Selatan meliputi Italia, Malta, Portugal, dan Spanyol.
4) Eropa Tengah meliputi Jerman, Austria, Polandia, Swiss, dan Republik Ceko.
5) Eropa Tenggara meliputi Bosnia-Herzegovina, Rumania, Yunani, Bulgaria, dan Serbia-Montenegro.
6) Eropa Timur meliputi Rusia, Armenia, Azerbaijan, Ukraina, dan Georgia.

Negara-negara benua Afrika ;
1) Afrika Utara meliputi Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya.
2) Afrika Barat meliputi Mauritania, Mali, Senegal, Guinea, Guinea Bissau, Sierra Leone, Liberia, dan Pantai Gading.
3) Afrika Timur meliputi Jibuti, Ethiopia, Somalia, Kenya, dan Uganda.
4) Afrika Tengah meliputi Cad, Kamerun, dan Afrika Tengah.
5) Afrika Selatan meliputi Bostwana, Lesotho, Republik Afrika Selatan, Swaziland, dan Namibia.

Negara-negara di Amerika Utara adalah Kanada, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Greenland, Kosta Rika, El Salvador, Barbados, Trinidad dan Tobago, Haiti, Guatamala, Belize, Honduras, Nikaragua, Panama, Kuba, Jamaika, Republik Dominika, Dominika, Bahama, dan Grenada.

Negara-negara di Amerika Selatan adalah Venezuela, Kolombia, Ekuador, Peru, Bolivia, Argentina, Cile, Guyana, Paraguay, Suriname, Uruguay, dan Brasil.

Adapun untuk benua antartika, tidak memiliki negara karena tidak ada penduduk. Iklim yang sangat dingin di antartika mengakibatkan manusia kesulitan untuk bertahan hidup disana. Saat ini benua antartika tsb sering dikunjungi, hanya oleh para peneliti yang meneliti hewan yang hidup disana, atau untuk kepentingan penelitian lainnya.

Karakteristik Samudra-Samudra di Dunia


Samudra Pasifik adalah samudra terluas di permukaan bumi. Kedalaman rata-ratanya adalah 4.280 m dan titik terdalam terdapat di Palung Mariana dengan kedalaman 10.911 m.

Samudra Atlantik merupakan samudra terluas kedua di dunia. Rata-rata kedalaman samudra ini adalah 3.926 m. Titik terdalamnya terletak di palung Puerto Rico dengan kedalaman sekitar 8.605 m.

Samudra Hindia merupakan samudra terluas ketiga di dunia. Samudra Hindia menjadi jalur perhubungan antara Benua Asia dan Afrika. Samudra Hindia juga melingkupi Laut Merah dan Teluk Persia. Kedalaman rata-ratanya adalah 3.890 m dan titik terdalamya adalah di Palung Jawa dengan kedalaman 7.725 m

Samudra Antartika merupakan samudra keempat terluas di dunia. Kedalaman rata-ratanya sekitar 4.500–5.000 m. Titik terdalam adalah di palung Sandwich Selatan dengan kedalaman sekitar 7.235 m. Suhu air di Samudra antartika bervariasi antara –2°C sampai 10°C. Pada musim dingin samudra antartika membeku.

Pembaca Sekalian, Anda dapat bergabung di halaman facebook kami tentang materi IPS Terpadu, disini. Harapan kami semoga informasi atau materi mengenai benua dan samudra serta materi IPS lainnya, dapat banyak bermanfaat bagi Anda. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan beri komentar pada kotak komentar dibawah. Mudah-mudahan Anda terbantu, dan Terimakasih.
Anda sedang membaca artikel tentang Benua dan Samudra di Dunia dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Benua dan Samudra di Dunia, mohon untuk meletakkan link Benua dan Samudra di Dunia sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -