Pengertian Perdagangan Internasional - Definisi Perdagangan Internasional

Advertisement
Pengertian perdagangan internasional - Apa itu perdagangan internasional ? Bagi Anda yang ingin memahami lebih jauh tentang perdagangan internasional, di artikel ini kami akan bahas secara khusus mengenai apa yang dimaksud dengan perdagangan internasional.

Perdagangan internasional sebagai bagian dari perekonomian terbuka

Sebelum mengetahui definisi perdagangan internasional, supaya dapat memaknai pengertian perdagangan internasional dengan lebih baik, terlebih dahulu kita harus memahami bahwa perdagangan internasional merupakan bagian dari perekonomian terbuka.

Secara garis besar, jenis perekonomian yang dianut suatu negara dibedakan menjadi perekonomian terbuka dan perekonomian tertutup. Pengertian perekonomian terbuka adalah perekonomian suatu negara yang terlibat secara luas dalam perdagangan antar negara (internasional). Negara yang menganut perekonomian terbuka akan menjalankan perdagangan internasional, sebaliknya negara yang menganut perekonomian tertutup, akan menolak adanya perdagangan internasional.

gambar pengertian perdagangan internasional


Saat ini hampir semua negara menganut perekonomian terbuka. Artinya, mereka melakukan kerjasama dalam bidang ekonomi, dan melakukan ekspor dan impor. Alasannya karena dengan berdagang dengan negara lain, dapat memperkuat sektor ekonomi dalam negeri, walaupun harus juga disediakan bermacam kebijakan supaya produsen lokal tidak kalah bersaing dengan produsen luar.

Pertimbangan suatu negara untuk memilih apakah menganut perekonomian terbuka atau perekonomian tertutup didasari oleh idealisme (paham) negara tersebut. Namun, boleh dikatakan, seluruh negara saat ini telah menganut sistem perekonomian terbuka dikarenakan mereka menyadari akan pentingnya perdagangan internasional bagi perkembangan perekonomian negara.

Pengertian perdagangan internasional/ Definisi perdagangan internasional


Perdagangan internasional adalah perdagangan antarnegara atau lintas negara, yang kegiatan utamanya mencakup ekspor dan impor. Perdagangan internasional merupakan salah satu sumber pendapatan negara (dalam bentuk devisa). Perdagangan internasional dibagi menjadi dua kategori, yakni perdagangan barang (fisik) dan perdagangan jasa. Perdagangan jasa misalnya biaya transportasi, perjalanan (travel), asuransi, dan jasa konsultan asing.
baca juga : faktor pendorong perdagangan internasional
Demikianlah informasi pengertian perdagangan internasional yang dapat kami share. Jangan lupa share jg di facebook dan medsos lainnya. Siapa tahu kawan Anda jg sedang membutuhkan informasi ini. Akhir kata, terimakasih banyak atas kunjungan Anda.

Salam hangat,

Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Perdagangan Internasional - Definisi Perdagangan Internasional dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Pengertian Perdagangan Internasional - Definisi Perdagangan Internasional, mohon untuk meletakkan link Pengertian Perdagangan Internasional - Definisi Perdagangan Internasional sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -