Faktor Pendorong Perdagangan Internasional - Faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional

Advertisement
Terdapat beberapa faktor pendorong perdagangan internasional. Seperti yang kita ketahui, tidak ada satu negara pun yang dapat menghasilkan sendiri semua barang/jasa yang dibutuhkan oleh negara tersebut. Karena tidak semua negara mempunyai sumber alam seperti minyak bumi, biji besi, dan lain-lain untuk keperluan industri; serta tidak setiap iklim cocok untuk hasil bumi seperti padi, gandum, teh, dan lain-lain. Selain itu, masih ada banyak faktor penyebab terjadinya  perdagangan internasional.

Sudah  menjadi sifat dasar manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Semakin banyak manusia, semakin banyak pula kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi. Dahulu, manusia memenuhi kebutuhan nya dengan cara berburu ataupun bercocok tanam, lalu berkembang menjadi kegiatan tukar menukar barang (sistem barter) untuk memenuhi kebutuhannya. Lalu, manusia menciptakan alat tukar (misalnya : uang) untuk mempermudah kegiatan ekonominya, dan sistem pun beralih ke sistem perdagangan. Kemudian, manusia mengelompok dan akhirnya membentuk suatu negara. Sejak saat itu, kebutuhan menjadi semakin membesar sehingga memicu timbulnya perdagangan internasional.

Pelaksanaan perdagangan antar negara (Internasional) lebih rumit dan kompleks dari perdagangan dalam negeri. Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena perdagangan internasional melintasi batas-batas negara dan berhubungan dengan negara/ pemerintah lain. Padahal setiap negara mempunyai sistem ekonomi, mata uang, sistem tata niaga dan peraturan perpajakan/ bea cukai masing-masing, bahkan mungkin juga sistem takaran/ ukuran/ timbangan, dan standar mutu yang berbeda pula.

gambar faktor pendorong perdagangan internasional

Faktor-faktor pendorong perdagangan internasional

Mengapa setiap negara, baik negara berkembang sampai negara maju melakukan perdagangan internasional? Beberapa faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional/ latar belakang perdagangan internasional yaitu :

Faktor ke-1 : memperoleh barang yang tidak diproduksi di dalam negeri.

Tidak semua kebutuhan dapat diproduksi sendiri oleh suatu negera.  Ada beberapa sebab mengapa suatu barang tidak diproduksi oleh suatu negara :
a. tidak memiliki sumber daya alam yang diperlukan untuk produksi barang tersebut.
b. tidak memiliki teknologi dan sumber daya manusia yang mumpuni untuk produksi suatu jenis barang.

Sumber daya alam di suatu negara memang terbatas, terutama menyangkut sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Yang dapat dipelajari dan dikembangkan oleh manusia adalah cara pelestarian sumber daya alam tersebut dan penemuan alternatif sumber daya alam pengganti. Selain itu, suatu  negara dapat memaksimalkan kemampuan produksinya dengan cara mempelajari teknik produksi dan manajemen produksi yang lebih modern sehingga mempercepat pertambahan produksi nasional.

Faktor ke-2 : memperluas pasar.

Jika seluruh permintaan dari dalam negeri terhadap suatu barang telah dipenuhi, maka untuk mengatasi kelebihan produksi dan memperoleh keuntungan lebih, satu-satunya cara adalah memanfaatkan pasar luar negeri, yaitu dengan melakukan ekspor ke negara lain. 

Faktor ke-3 : memperoleh manfaat dari spesialisasi.
Masing-masing negara memiliki keunggulan tersendiri (baik absolut ataupun komparatif) dalam memproduksi suatu jenis barang/jasa tertentu, sehingga bila spesialisasi dilakukan, akan diperoleh keuntungan yang lebih besar. 

Demikianlah informasi faktor pendorong perdagangan internasional. Pastinya banyak bermanfaat. Kami ucapkan termakasih atas apresiasi Anda pada website kami. 
Anda sedang membaca artikel tentang Faktor Pendorong Perdagangan Internasional - Faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Faktor Pendorong Perdagangan Internasional - Faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional, mohon untuk meletakkan link Faktor Pendorong Perdagangan Internasional - Faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -