Jenjang/ Tingkatan Manajemen

Advertisement
Perusahaan dijalankan oleh beberapa manajer. Para manajer tersebut terdiri dari beberapa jenjang/ tingkatan, yang dibuat dibuat secara struktural sehingga dapat dikoordinasi dgn baik.

Jenjang/ tingkatan manajer biasanya dibedakan menjadi tiga, yaitu top manager, middle manager, dan supervising manager.

a. Top manager (manajer tertinggi).
terdiri atas anggota dewan direksi (board of manager) dan presiden perusahaan. Tugasnya memimpin perusahaan secara keseluruhan.

b.. Middle manager (manajer menengah).
terdiri dari kepala-kepala bagian (kabag), kepala divisi, dan kepala seksi. Manajer ini disebut juga manajer departemen. Tugasnya memimpin pekerjaan di berbagai bidang.

c. Supervisory manager (first line manager) atau manajer tingkat pertama.
terdiri atas kepala mandor dan mandor. Sering disebut dengan kepala/ pimpinan (leader), mandor (foremen), dan penyelia (supervisor). Tugasnya memimpin para pekerja, agar dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan tujuan organisasi/perusahaan.

Masing-masing tingkatan manajemen punya fungsi manajemen yang sama, namun memiliki wewenang dan keterampilan yang berbeda. 
Anda sedang membaca artikel tentang Jenjang/ Tingkatan Manajemen dan bila berkenan Anda bisa share artikel tsb ke media sosial seperti facebook, google +, twitter, dll. Bila Anda bermaksud mengcopy artikel Jenjang/ Tingkatan Manajemen, mohon untuk meletakkan link Jenjang/ Tingkatan Manajemen sebagai Sumbernya. - Menghargai orang lain, berarti menghargai diri sendiri -